Kabar

Lombok, Kami Kembali

       Tak Berkategori

Recovery Mental dan Pelatihan Baca Quran

Salah satu peran yang seringkali diisi oleh Cinta Quran Foundation di daerah terdampak bencana adalah menghadirkan keceriaan sembari mengembalikan semangat hidup pada korban. Untuk mewujudkan hal tersebut, Cinta Quran Foundation menyelenggarakan program mental recovery di tenda-tenda pengungsian atau tempat lainnya di mana korban terkonsentrasi. Barulah selepas mental recovery tersebut, kami menyalurkan bantuan yang dipercayakan oleh para donatur Sahabat Cinta Quran kepada kepala keluarga atau perwakilan masing-masingnya.

Tak hanya itu, jika momen waktu, persiapan dan tempatnya tepat, kami juga menyelenggarakan program Indonesia Bisa Baca Quran (IBBQ) secara cuma-cuma untuk para korban. Dan setelah pertama kalinya kunjungan pasca  bencana gempa agustus 2018 lalu ke Lombok, untuk kunjungan kedua kalinya, Cinta Quran Foundation memberangkatkan Tim Program IBBQ untuk mengadakan mental recovery dan membuka kelas training IBBQ.

Pada Selasa tanggal 30 Oktober 2018, Tim IBBQ membuka 2 kelas training baca Quran yang dihadiri 50 orang lebih di daerah Teniga. Setelah itu bersama pengungsi lainnya sebanyak 60-70 orang berkumpul di dekat masjid yang terdampak gempa. Di sana diadakan program mental recovery class untuk menyemangati kembali para korban agar kuat menyikapi bencana ini. Akhirnya, Tim selesai mengadakan seluruh kegiatan pukul 4 sore,

Esok harinya, Rabu 31 Oktober 2018, Tim IBBQ pergi ke Lombok Timur dan kembali membuka 2 kelas training Indonesia Bisa Baca Quran. Kelas ini juga dihadiri 50 orang lebih sebagai peserta. Satu kelas dibimbing oleh Ustadz Asep Supriatna dan satu kelas lainnya dibimbing oleh Ustadz Abdullah Ramli. Setelah kelas, diadakan juga penyaluran bantuan dalam bentuk sembako dari Cinta Quran Foundation kepada para warga.

 

Dukungan Pemerintah Sumbawa

Pada Kamis, 1 November keesokan harinya, dengan menaiki kapal Feri selama hampir 2 jam lamanya, Tim IBBQ akhirnya sampai ke pulau Sumbawa. Di sana Tim IBBQ bertemu dengan tokoh pemerintahan setempat; Sekretaris daerah Kabupaten Sumbawa beserta jajarannya. Beserta beberapa tokoh agama Islam dan Perwakilan Kementerian Agama di daerah, Tim Cinta Quran Foundation mengutarakan tujuan kedatangan serta memperkenalkan program Indonesia Bisa Baca Quran. Alhamdulillah.. ternyata pemerintah kabupaten Sumbawa juga memiliki program yang sama, yakni pengentasan buta baca Al-Quran. Sehingga dengan kehadirannya, Tim IBBQ  mendapat tanggapan postitif dari pemerintah setempat.

Walau pun tidak mengadakan kelas IBBQ di Sumbawa, dengan dukungan dari pemerintah dan bantuan dari mitra kami, Baituttamkiin, pada 2 November Tim IBBQ menuju Taliwang di Sumbawa Barat untuk mengadakan kelas mental recovery. Peserta yang hadir cukup banyak, yakni sekitar 70an orang lebih dan diisi oleh Ustadz Asep Supriatna.

 

Hujan, Rezeki Langit

Selama Tim IBBQ di Lombok dan Sumbawa, memang cuaca sungguh terik. Bahkan malam hari juga terasa hawa tak begitu nyaman. Menurut pengakuan masyarakat setempat, daerah mereka selama 6 bulan terakhir sama sekali belum turun hujan. Kondisi tanah di jalanan pun memang nempak begitu kering. Namun pada hari terakhir Tim IBBQ di sana, sebelum berangkat pulang 3 November esok harinya hujan lebat terjadi di Lombok. Alhamdulillah wa syurkurillah.. kita medo’akan bersama semoga hujan ini menjadi pertanda rezeki dan kebaikan bagi kehidupan Qurani di Lombok, Sumbawa dan sekitarnya.

Indonesia Bisa Baca Quran merupakan sebuah Program Pengentasan Buta Aksara Quran sebagai misi untuk mewujudkan #IndonesiaCintaQuran

Kontak Kami
Perumahan Indraprasta 1, Jl. Parikesit Raya No. 35 & 37, Bantarjati, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat 16153
cs@indonesiaberquran.org
(0251) 8571762
08111270099
Copyright 2018 © Cinta Quran Foundation